halaman

Pencarian

Jumat, 24 Oktober 2014

NISSAN

CARA MELAKUKAN IDLE AIR VOLUME LEARNING ON NISSAN

 www.obd2jatim.com     Http://Toolsteknik.blogspot.com


Yaitu menyesuaikan volume udara yang masuk ke intake agar rpm mesin sesuai dengan spesifikasi.
Adakalanya kita melakukan IDLE AIR VOLUME LEARNING tidak berhasil atau sulit sekali untuk itu saya coba menjelaskan langkah langkah atau syarat agar  IDLE AIR VOLUME LEARNING MANUAL tersebut sesuai harapan.

Pertama kita perjelas dulu mengapa hal ini dilakukan atau Kapan agar  IDLE AIR VOLUME LEARNING MANUAL ini dibutuhkan kalau kagak salah setelah kita :
1. Melepas IACV-AAC valve
2. Melepas Throttle body Valve
3. Melepas ECM

Sebelum melakukan IDLE AIR VOLUME LEARNING harus kita beberapa hal:
a) Ukur tegangan baterai tegangan baterai:> 12.5V (saat idle)
b) Temperatur cairan pendingin engine: 70-99 c
c) accessories dimatikan dulu seperti AC, lampu, kaca depan belakang defogger, tape, dll
d) Kipas pendingin motor fan mati
e) Setir posisi Netral/tengah (yaitu lurus ke depan posisi)
f) kecepatan Kendaraan nol jangan metelkan sambil jalan bahaya jalan kondis kap terbuka sopir kagak kelihatan Wk. wk. wk. wk
g) Untuk yang AT, Gearbox diusahan sudah agak panas ( kira-kira hidupkan mesin lalu tinggal minum kopi dulu satu lepek aja sudah cukup)
h) Jika memakai scanner bisa dilihat di fluid temp yang data list na harus dibawah 0.87 volt

CARA MELAKUKAN IDLE AIR VOLUME LEARNING ON NISSAN Manual

Mungkin ada dua hal utama yaitu:

1) pembelajaran Accelerator Throttle dibuka penuh
1.1) Pastikan bahwa pedal akselerator terbuka
1.2) Putar kunci kontak ke ON, kemudian tunggu setidaknya 2 detik.
1.3) Putar kunci kontak ke OFF, lalu tunggu setidaknya 10 detik.
1.4) Putar kunci kontak ke ON, kemudian tunggu setidaknya 2 detik.
1.5) Putar kunci kontak ke OFF, lalu tunggu setidaknya 10 detik.

2) Accelerator katup Throttle posisi tertutup
2.1) Pastikan bahwa pedal akselerator Throttle posisi terbuka
2.2) Putar kunci kontak ke ON.
2.3) Putar kunci kontak ke OFF, lalu tunggu setidaknya 10 detik.   Nanti akan terdengar Konfirmasi katup throttle bergerak seeeeekkk.
3) Hangatkan mesin sampai suhu operasi normal
4) Putar kunci kontak ke OFF, lalu tunggu setidaknya 10 detik.
5) Pastikan bahwa pedal akselerator terbuka penuh, dan kontak posisikan ON tunggu 3 detik.
6) Ulangi langkah-langkah berikut (6a dan 6b) cepat lima kali dalam 5 detik.
6a) Sepenuhnya menekan pedal gas.
6b) Sepenuhnya melepaskan pedal gas.
7) Tunggu 7 detik, kemudian menekan pedal gas penuh selama 20 detik sampai MIL berhenti berkedip, kemudian, MIL akan dinyalakan.
8) tekan accelerator pedal sepenuhnya selama 3 detik sekali MIL dinyalakan.
9) Hidupkan mesin dan biarkan idle selama beberapa saat.
10) Tunggu 20 detik.
11) coba hidupkan mesin selama 2-3 kali
pastikan bahwakecepatan idle dan waktu pengapian dapat sesuai dengan spesifikasi :
Kecepatan idle:
M / T: 625 ± 50r / min
A / T: 700 ± 50 r / min (di N atau posisi P)
Ignition timing:
M / T: 15º ± 2ºBTDC
A / T: 15º ± 2ºBTDC (di N atau posisi P)


Jika belum berhasil pastikan atau periksa sekali lagi
1) Katup throttle apakah sudah sepenuhnya tertutup.
2) Saluran ke intake tidak ada yang bocor.
3) Reset memori.

Jika yang disebutkan di atas normal dan reset idle tidak berhasil ???

masalahnya mungkin anda kurang Amal !!!!!!!.
wk. wk. wk


http://obd2murah.blogspot.com
http://diagnostic-scanner.blogspot.com

Facebook Agus Yuli Obd Jatim
https://www.facebook.com/obd99

Lokasi toko/rumah Google map
https://mapsengine.google.com/map/edit?mid=zjc70vmO4kjU.kmbc15SqC4NI

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Aslkum. Mas, mhn bntuannya nich ada yg blm paham, masalah mobil GL matic ane setelah dibersihkan ruang bakar rpm jdi hampir 2000 trus lampu indikator mesin jg menyala, apkh caranya juga mulai dari awal seperti di atas? Trmksh atas bntuannya mas...

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by http://agusyulianto2.blogspot.com/ | Bloggerized by Agus Y